728x90 AdSpace

Latest News

Powered by Blogger.
Tuesday, July 4, 2017

Resep : Ayam Manu Kinowu Kuliner Khas Sulawesi Tenggara (Kreasi Ayam Potong SO GOOD)


Hi food lovers, masih dalam suasana Lebaran nih, sebelumnya saya atas nama Lovetobeeat ingin mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir Bathin ya. 

Mau update blog lagi nih, kayaknya udah lama banget ya, saya gak update blog tentang culinary disini. Maafkan ya, karena kesibukan ini itu jadinya terbengkalai deh. Nah mumpung momentnya kemarin bertepatan dengan Lebaran, jadinya sekalian aja deh, masak dan ditulis resepnya. 

Setiap momen Idul Fitri (Lebaran), biasanya orang identik dengan masak ketupat, opor ayam, sambel goreng hati, rendang daging. Sayapun di rumah juga begitu, setiap tahun masak masakan ritual seperti Opor Ayam dkk. Tapi tahun ini saya gak masak banyak, karena di H+2 saya akan berlibur sampai 1 minggu penuh. Jadi masak seadanya aja deh, opor ayam 2 ekor, rendang 1 kg, sambel goreng daging 1/2 kg. 

Di hari pertama ternyata ketupat dan sayurnya ludes, karena tahun ini lumayan banyak yang datang ke rumah, alhamdulillah. Belum sampai sore hari, ternyata masakan saya yang ada tinggal kuah opor ayamnya aja. Rendang juga tinggal 5 pieces. Ah tenanglah saya, karena saya pikir saudara dekat tidak ada yang ke rumah lagi. 

Tiba-tiba jam 4 sore saya mendapat kabar bahwa nanti malam saya akan kedatangan tamu (saudara dari mama mertua) yang tinggalnya di Solo (baru landing tadi siang), dan akan bertamu ke rumah sekitar habis maghrib. Paniklah saya, karena makanan di rumah tinggal sedikit, sementara saya ingin menyajikan something special, karena tamu yang akan datang ke rumah adalah tamu jauh.

Alhamdulillah saya sudah stock bahan masakan di rumah, mengantipasti kalau-kalau ketupat dan sayurnya habis di tengah moment lebaran seperti ini. Sempat bingung sih mau masak apa. Untungnya saya punya stock Ayam SO GOOD di rumah, yang saya dapatkan di acara gathering kemarin. 


Lumayan banyak sih saya dapatnya, seperti ini.


Dan salah satunya saya mendapat 1 pack Ayam Potong SO GOOD Paha dan Dada. Ini pas banget bisa diolah jadi apa aja.


Lalu saya ingat, bulan lalu saya membeli buku resep masakan edisi Lebaran, dan di dalamnya terdapat resep-resep pilihan dari berbagai daerah di Indonesia. Lalu saya berpikir, sekalian aja deh saya coba, mumpung nanti saya akan kedatangan tamu. Sekalian food testing, citarasa masakan saya di lidah orang lain nih (pikirku).


Nah, menu masakan yang akan saya sajikan kali ini adalah masakan khas Sulawesi Tenggar. Kuliner Sulawesi Tenggara lainnya yang cukup populer adalah Kapusuk Nosu, Miswa Ayam dan Satai Tambulinas yang kaya akan bumbu. Dan salah satu kuliner Sulawesi Tenggara yang saya pilih adalah Ayam Manu Kinowu. Kenapa memilih resep ini? Karena membuatnya gak butuh waktu yang lama, cukup mudah, dan bahan-bahannya juga tersedia di rumah.

Bahan-bahannya :

5 sdm minyak sayur
2 lembar daun salam
2 batang serai, memarkan
3 cm jahe, memarkan
900 gram ayam potong 8
1 buah tomat
2 L air

Bumbu Halus :
10 butir bawang merah
10 buah cabai merah keriting
1 1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir

Cara membuat :

1. Cuci tangan terlebih dahulu
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun salam, serai dan jahe hingga harum dan matang.
3. Masukkan potongan ayam, aduk hingga berubah masak hingga tomat layu
4. Tuang air ke dalam wajan, aduk. Tutup wajan, masak diatas api sedang hingga ayam empuk (kira-kira 15 menit) dan kuah mengental. Sajikan selagi hangat. 



Gimana cara membuatnya? Mudah kan? Gak perlu waktu lama kok. Yang lama hanya saat ungkep ayam aja. Resep ini mudah dilakukan juga untuk yang pemula.

Bisa tonton juga videoku disini


Tips :

1. Ayam potongnya bisa diganti dengan ayam kampung. Untuk resep aslinya menggunakan ayam kampung. Tapi karena SO GOOD yang saya dapatkan adalah ayam negri, jadi saya pakainya adalah ayam negri. 

2. Untuk minyak sayur bisa diganti dengan olive oil.

Semoga resep saya ini bisa bermanfaat ya.
Resep : Ayam Manu Kinowu Kuliner Khas Sulawesi Tenggara (Kreasi Ayam Potong SO GOOD)
  • Title : Resep : Ayam Manu Kinowu Kuliner Khas Sulawesi Tenggara (Kreasi Ayam Potong SO GOOD)
  • Posted by :
  • Date : 8:30 AM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

2 comments:

  1. Waaah oline ternyata jago masak yaa. Aku mah ayam so good asal digoreng aja ga diolah lain2nya #dasarpemalas

    ReplyDelete
  2. Lumayan gampang ya membuatnya. Bisa jadi variasi menu di rumah nih. TFS

    ReplyDelete

Thank you for coming..^^

Item Reviewed: Resep : Ayam Manu Kinowu Kuliner Khas Sulawesi Tenggara (Kreasi Ayam Potong SO GOOD) Rating: 5 Reviewed By: Caroline Adenan
Top