728x90 AdSpace

Latest News

Powered by Blogger.
Wednesday, July 29, 2015

Resep Sambel Matah

Hari ini ceritanya lagi bikin sayur sop nih. Kayaknya gak asik kalo gak ada temennya, sambel. Yess, saya dan keluarga inti saya memang penggila rasa pedas. Saya sebut 'penggila' karena kami suka makan pedas diluar batas wajar. Biasanya saya suka bikin sambel terasi. Tapi kali ini pengen bikin sambel matah aja deh.  Sambel matah biasanya dinikmati bersama ayam goreng atau ikan goreng plus nasi hangat. Tapi kali ini saya mau coba nikmati dengan sayur sop. Karena saya lagi males ngulek-ngulek trus pengen sesuatu yang beda aja. Walaupun bikin sambel itu gampang, tapi masak itu juga perlu persiapan. Supaya hasilnya juga maksimal.

Bahan-bahan

1. Cabe rawit merah
2. Cabe merah keriting
3. Bawang merah
4. Bawang putih
5. Jeruk nipis
6. Minyak goreng (panas)
7. Terasi bakar
8. Sereh (ambil putihnya saja sedikit)
9. Gula
10. Garam

Cara membuat

1. Iris kasar cabe dan bawang yang tadi sudah disiapkan. 
2. Iris batang sereh, lalu campurkan ke irisan cabe dan bawang tadi. Kemudian aduk-aduk dan remas-remas sampai tercampur rata. Ini optional aja.
3. Panaskan minyak goreng. 
4. Setelah semua tercampur rata, siram minyak goreng yang tlah dipanaskan diatasnya. 
5. Tambahkan gula, garam, dan air jeruk nipis secukupnya sesuai selera.

Nb :

1. Karena tadi di awal saya mau buat sambel terasi, cabe dan bawangnya sudah saya rebus untuk saya ulek. Jadinya saat saya buat sambel matah ini cabe dan bawangnya sudah dalam keadaan direbus. Sebenarnya untuk buat sambel matah semua tidak perlu direbus. Toh gapapa juga. Hasil akhirnya juga enak ternyata :) buat yang gak suka mentah bisa direbus seperti ini dulu. Sebenarnya gak terlalu mentah rasanya. Karena sudah disiram minyak  goreng panas.

2. Saya tidak menggunakan sereh. 

3. Bila suka bisa menambahkan tomat iris. 

4. Bila tidak suka pedas, cabe rawit merah bisa diganti dengan cabe rawit hijau,yang rasanya gak terlalu pedas.

Dan yang terakhir, selamat mencoba foodlovers! :)







Resep Sambel Matah
  • Title : Resep Sambel Matah
  • Posted by :
  • Date : 10:13 PM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

11 comments:

  1. Wewww jd laper...sy suka yg bener2 mentah mak

    ReplyDelete
  2. wah nice tips. saya kebetulan belum bs buat sambel

    ReplyDelete
  3. Foto nya cuma 1 Aja makk.. Aku seneng ngeliat sambel, tapi lambung nya yang gak seneng hihihi.. Aku jadi pengen nyobain buat sambal matah untuk suami nih makk.. Thanks for sharing

    ReplyDelete
  4. Jadi ini lebih mirip sambel mentahan gitu yah :D

    ReplyDelete
  5. Pengen coba ah, kalo pas lagi males ngulek sambel, kayak gini lebih praktis :D

    ReplyDelete
  6. lapeeer bacanya huhu :( pengen yang pedes-pedes..

    ReplyDelete
  7. Sambal memang menambah selera makan. Kalau aku, cabe dipotong2 dan diberi kecap sudah cukup :)
    Resepmu boleh dicoba tuh. Thx ya.

    ReplyDelete
  8. pertama kali nyoba sambal ini ya di bali, aku suka rasanya. Tapi sayangnya suamiku gak suka

    ReplyDelete
  9. Sumpah demi apa, ini kenapa jam makan siang malah buka situs makanan haha yg ada malah bikin laper -_-

    ReplyDelete
  10. suuuka banget sambal ini, enyaaak

    ReplyDelete
  11. Duh, gk bs mkn pedes aku maah... Bisa gawaat perutkuu :v

    ReplyDelete

Thank you for coming..^^

Item Reviewed: Resep Sambel Matah Rating: 5 Reviewed By: Caroline Adenan
Top