728x90 AdSpace

Latest News

Powered by Blogger.
Sunday, July 30, 2017

Resep : Besengek Ayam Khas Jawa Tengah



Food lovers, saya ingat 3-4 tahun lalu waktu saya hamil Narend, saya pernah pergi ke kampung halaman suami di Kampung Batik Laweyan di Solo, waktu itu beberapa hari usai Lebaran. Yah memang sih saya sering ngomong ke suami kalau saya tidak pernah ngidam, paling cuma bilang "Aku mau makanan yang manis atau aku mau makanan yang pedes manis dan anget", nah tugas suami tuh yang mencari makanan apa yang sesuai dengan kenginan aku, jadi itungannya gak ngidam kan :) Nah waktu itu kalau tidak salah ingat, saya bilang ke suami "Aku lagi mau makanan yang gurih-gurih gitu dong", nah waktu itu suami sempet beliin Nasi Liwet, emang sih gurih tapi manis, padahal aku kan sukanya makanan yang pedes-pedes gitu deh.

Mendengar suami kesulitan mencari request itu, sodara suami (namanya Anis), menyarankan untuk mencoba Besengek Ayam, langsung suami bilang, 

Mas Eko: Nis, beli dimana Besengek Ayam-nya?
Anis : Beli di pasar mas
Mas Eko : Pasar Kartosuro kan?
Anis : Iya
Mas Eko : Disebelah mananya nis?
Anis : Hm... banyak mas di beberapa tempat

Mas Eko : Yang jualan ada beberapa orang?
Anis : Hm... beli bahannya di pasar mas, baru masak di rumah
Mas Eko : Loh ... memangnya tidak ada yang jual?
Anis : Gak ada mas, ini kan masakan rumahan, ndak ada di restoran
Mas Eko : Oalahhh ... ya udah, minta resepnya, mas beli bahannya, nanti anis yang masakin ya
Anis : Ok mas, nanti minta bantuan ibu, ibu kalau masak Besengek Ayam itu euankkk lho


Nah, usai menuliskan resepnya, suami langsung buru-buru untuk mencari bahan makanannya di pasar, kebetulan bahan-bahan makanannya mudah dicari, jadi 1 jam suami dan anis sudah kembali dari pasar. Dibawah ini adalah bahan dan resep Besengek Ayam dari keluarga mas Eko, silahkan di catet :) 

Bahan-bahan :

1 kg Ayam potongan Dada dan Paha (Kalau saya sih biar gak repot pilih Ayam Potong So Good)
1 batang sereh
3 sdm minyak untuk menumis
3 cm lengkuas (digeprek)
2 lembar daun salam (dirobek sedikit daunnya)
3 lembar daun jeruk (dirobek sedikit daunnya)
2 sdm air asam

Bumbu Yang Dihaluskan :

10 butir bawang merah
5 butir bawang putih
2 sdm Gula merah
1/2 sdt jintan
1/2 sdt ketumbar
Garam secukupnya

Cara membuat :

1. Lumuri ayam dengan garam. Kukus sampai warna kecoklatan.
2. Goreng ayam sampai warna kecoklatan.
3. Haluskan semua bumbu.
4. Panaskan minyak, tumis semua bumbu halus. Masukkan daun salam, daun jeruk, dan santan. Kemudian aduk sampai mengental.
5. Masukkan air asam. Aduk kembali.
6. Tambahkan gula dan garam secukupnya.
7. Sajikan hangat.


Saat saya mencoba Besengek Ayam ini rasanya seperti memakai bumbu kacang, padahal sebenarnya tidak menggunakan kacang sama sekali. Mungkin karena perpaduan antara santan, jintan, ketumbar dan gula merah, menjadikan besengek ayam ini persis sekali rasanya dengan rujak khas Jawa Timur. 

Buat yang ingin hasil akhir yang pedas, food lovers bisa menambahkan cabe rawit utuh sebagai optional untuk anggota keluarga yang menyukai rasa pedas. Atau bila 1 keluarga menginginkan rasa pedas, bisa menambahkan cabe rawit di bumbu yang dihaluskan. Tapi pada dasarnya rasa Besengek Ayam ini adalah manis dan gurih. 





Resep : Besengek Ayam Khas Jawa Tengah
  • Title : Resep : Besengek Ayam Khas Jawa Tengah
  • Posted by :
  • Date : 7:47 PM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Thank you for coming..^^

Item Reviewed: Resep : Besengek Ayam Khas Jawa Tengah Rating: 5 Reviewed By: Caroline Adenan
Top