728x90 AdSpace

Latest News

Powered by Blogger.
Wednesday, September 30, 2015

Explore a Bite of Bali Cuisine at Signature Restaurant

I've never been go to Bali before. But I could feel as if being in Bali. Yes, if you pay a visit to Signature Kempinski Jakarta. Because there is the culinary festival event Bali - Lombok cuisine  at 19 - 25 August 2015.

Kuliner Bali? Hmm.. Hanya sedikit saja pengetahuan saya tentang bali cuisine. So, ini adalah kesempatan emas untuk saya untuk mengenal sedikit lebih dekat dengan kuliner khas Bali. Saya mencoba food experience Bali - Lombok Cuisine pada tanggal 22 Agustus 2015 pada saat dinner. Tentunya saya tidak ingin melewatkan kesempatan emas ini.

Chef yang in Charge untuk Bali Cuisine minggu ini adalah Chef Ketut Sumerata. Kebetulan saat itu beliau sedang ada di luar ruangan. Jadi saya baru bertemu dengannya setelah saya mengeksplorasi sendiri :)




START with MAIN COURSE

BRAISED FISH in BALINESE SPICY

Nama lainnya adalah Gulai Ikan Nyat-Nyat. Nama menu ini terbilang unik, karena bahan bakunya memang menggunakan ikan nyat-nyat, yang dibawa langsung dari Pulau Dewata, Bali. Dimasak dengan menggunakan bumbu gulai, rasa ikannya gurih dan manis.





STEAMED SQUID with YELLOW CURRY PASTE

Nama lainnya adalah Pepes Cumi. Karena dari namanya, saya mengira awalnya ini adalah cumi dalam bentuk balutan daun pisang, tapi ternyata bentuknya seperti pindang cumi. Saat dimakan ada bumbu strong yang sangat menonjol. Dan itulah yang menjadi ciri khas dari menu yang satu ini. Rasanya tidak terlalu manis seperti pindang atau gulai umumnya, tapi gurih.




TELUR BUMBU BAWANG JAHE

Ini salah satu menu yang saya suka. Telurnya dimasak dengan bumbu gulai biasa, ditambah dengan bumbu bawang jahe yang digerus halus, membuat rasa dari pindang telur ini terasa lebih nikmat.


LAMB CURRY

Nama lainnya adalah Kambing Mekuah. Atau mungkin kita familiar dengan nama Gulai Kambing. Ya, rasanya juga hampir mirip dengan gulai kambing, tapi lamb curry ini ada bumbu khusus yaitu menggunakan bawang jahe, jadi saat dimakan ada aroma bumbu yang strong yang bisa kita rasakan sampai ke hidung. Kambingnya juga gak amis, tingkat kematangannya juga pas.


BEEF RIB in SPICY BALINESE SPICE

Daging Iga dengan Bumbu Bali. Saya suka dengan menu yang satu ini. Rasanya seperti perpaduan antara pindang iga dengan gulai iga.


GRILLED FISH with BALINESE SAUCE

Ikan Bakar Sambel Matah.


BRAISED YOUNG JACKFRUIT in COCONUT MILK

Jukut Nangka. Seperti gulai nangka, yaitu nangka yang dimasak dengan menggunakan santan kelapa.


MIE KOBER DENPASAR

Mie Kober rasanya tidak jauh berbeda dengan mie goreng Jawa. Dari semua menu yang saya rasakan, hampir 90% spicy, dan hanya 1 menu Mie Kober Denpasar ini saja, yang tidak terlalu keluar rasanya. Lalu saya bertanya kepada Chef Ketut. Ternyata memang beliau sengaja memasak menu ini dengan rasa 'spesial' yaitu dengan pengurangan bumbu. Ini dikarenakan hampir semua menu Bali disini rasanya sangat kuat, jika menu yang satu ini dimasak dengan bumbu dan aroma yang juga kuat, dikhawatirkan membuat lidah jemu. Jadi dibuat balancing yaitu salah satunya dengan jumlah bumbu di bawah standard :)
But overall saya suka menu ini.


SALAD

Bali ternyata mempunyai Salad. Salad dingin dan salad biasa. Untuk salad dingin seperti menu dibawah ini bisa dimakan sebagai dessert atau juga cemilan.

SEAWED SALAD BALINESE

Ini adalah salad rumput laut.


CHICKEN SALAD with COCONUT

Buat food lovers pecinta rasa pedas, mungkin salad yang satu ini akan menjadi makanan favorit kamu. Suwiran daging ayam dimasak dengan kelapa, ditambah dengan potongan cabe rawit sangat pas di lidah. Jadi varian rasanya tidak gurih atau manis saja, tapi juga ada rasa pedas. Dan memang default menu yang satu ini adalah dengan tampilan pedas.


MIXED SEAFOOD SATAY

Menu yang satu ini pasti sudah sangat familiar. Ya, namaya Sate Lilit Bali. Tapi Sate Lilit yang ditampilkan disini sangat berbeda, daging ayamnya benar-benar dari daging giling ayam yang di-marinate dengan bumbu khusus, lalu dipanggang dan dimakan bersamaan dengan sambalnya. Hmm..rasanya 1 tusuk saja sudah sangat mengeyangkan untuk porsi perut saya. Karena 1 tusuknya benar-benar big size food lovers :)


SROMBOTAN BOILED MIXED


MORNING GLORY with CHILI PASTE

Atau nama lainnya adalah Plecing Kangkung. Rasanya gak terlalu pedas, dan bisa juga dimakan dengan menu utama.


BALINESE CHICKEN SALAD


Ohya, untuk 2 menu dibawah ini adalah bukan bagian dari Food Experience Bali Cuisine, tapi merupakan salah satu kuliner Nusantara. Yang ditampilkan di Signature Restaurant disini ada 2 varian, Vegetable dan Beef

VEGETABLE MARTABAK


BEEF MARTABAK

Kalau bisa saya bilang, ini adalah martabak telur terenak yang pernah saya makan. Beef Martabak ini sangat berlimpah dagingnya, dan rasanya juara, benar-benar gurih!


Chef Ketut ini sangat ramah. Di sela-sela waktunya beliau menyempatkan diri untuk menemani saya berkeliling untuk memperkenalka satu persatu menu Bali Cuisine di Signature Restaurant ini. Dan banyak sekali informasi seputar kebuadayaan Bali yang sebelumnya tidak saya ketahui. Salah satunya adalah minuman khas Bali, sebenarnya Bali mempunyai minuman khusus. Overal minuman khas Bali yaitu berupa alkohol dan arak. Tapi tidak ditampilkan disini. Dan ternyata Chef Ketut mempunyai sebuah restoran di Bali. Rencananya beliau akan membuka cabangnya di Jakarta. Wah, saya semakin gak sabar mencicipinya. Karena masakan yang beliau ciptakan ini luar biasa juara. Yang sebelumnya saya hanya familiar dengan Nasi Bali, tapi dengan saya hadir food experience ini, saya benar-benar menjadi kaya ilmu seputar kuliner Bali. Ternyata memang Bali selain terkenal dengan kebudayaan dan tempat wisatanya, kulinernyapun patut diangkat jempol, yang semuanya itu perlu kita lestarikan.





Akhir kata saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Signature Restaurant, food experience Bali Cuisine kali ini benar-benar juara! Saya jadi gak sabar untuk menunggu event selanjutnya.Tahun depan kira-kira temanya apa ya? I will wait your next invitation :)
Explore a Bite of Bali Cuisine at Signature Restaurant
  • Title : Explore a Bite of Bali Cuisine at Signature Restaurant
  • Posted by :
  • Date : 1:44 AM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

3 comments:

  1. Waah ikan bakar sambal mataaahhhnyaaaa mawuuuuu.

    ReplyDelete
  2. tertarik sama gulai ikan nyat nyat nya :D nyummy bgt kyknya

    ReplyDelete
  3. Wuaa.. penasaran sama ikan nyat nyat, pas aku kesana sehari sebelumnya tak ada.. hiks..

    ReplyDelete

Thank you for coming..^^

Item Reviewed: Explore a Bite of Bali Cuisine at Signature Restaurant Rating: 5 Reviewed By: Caroline Adenan
Top