728x90 AdSpace

Latest News

Powered by Blogger.
Sunday, February 15, 2015

Resep Masakan : Caisim Cah Jamur Tiram

Saya di rumah paling suka masak-masakan yang gak pakai lama. Maklumlah saya kerja di rumah udah kayak ngejar gaji, estafet bareng suami! :)) 

Nah, masakan yang saya pilih kali ini adalah Caisim Cah Jamur Tiram. Kebetulan di kulkas masih ada sayuran caisim kemarin abis ngeborong di supermarket Giant. Yang harganya cuma IDR 990 saja untuk 1 ikat :) Plus juga kemarin si abang tukang sayur langganan nawarin jamur kancing (yang bentuknya bulat-bulat), tinggal 1/4 ons lagi. Jadilah saya beli aja. Harganya juga gak mahal. Cuma IDR 5000 :)



Bahan-bahan :
Caisim segar, cuci bersih kemudian potong-potong. Lalu pisahkan antara batang dan daunnya
Bawang Boombay, iris tipis
Bawang putih, digeprek
Cabe rawit merah, iris serong
Cabe merah keriting, iris serong
Tomat
Jamur kancing, 
Daun salam
Air kaldu secukupnya
Minyak goreng
Kecap Ikan
Saori Tiram

Cara Membuat :

1. Bersihkan jamur, potong belah sesuai keinginan.
2. Rebus jamur sampai matang. Kemudian tiriskan.
3. Masukkan minyak, dan tunggu sampai panas. Tumis bumbu dasar seperti bawang putih, dan bawang boombay. Apinya jangan terlalu besar. Karena bawang putihnya bisa gosong.
4. Masukkan cabe merah, cabe rawit, daun salam. Kemudian aduk rata.
5. Masukkan tomat yang tadi telah dipotong terlebih dahulu. Aduk sampai semuanya matang.
6. Masukkan batang caisim terlebih dahulu. Karena lebih keras.
7. Setelah setengah empuk, masukkan daun caisimnya. Aduk rata
8. Masukkan jamur. Tetap dengan api kecil.
9.Masukkan air kaldu secukupnya. Aduk sampai semuanya matang merata. 
10. Masukkan kecap ikan dan saori tiram. Aduk rata dengan api kecil. Lalu masukkan gula dan garam.
11. Angkat dan sajikan.

Catatan :
1. Untuk mencuci caisim sebaiknya dilakukan sebelum dipotong. Guna untuk vitaminnya tidak banyak yanhghilang.
2. Untuk air kaldu saya tidak menggunakan kaldu buatan, saya buat sendiri air kaldunya. Dari ayam dan tulang ayam.
3. Saya paling suka dengan minyak ikan ini. Karena memberikan rasa wangi yang menyengat dan bikin menggugah selera. Tapi jangan kebanyakan ya. Bisa-bisa rasanya asin plus bau minyak ikan semua deh :)

Total biayanya sekitar IDR 10000 saja, bisa untul 2x porsi makan saya dan suami di rumah. Nah, hemat kan? 

Oke segitu dulu resep dari saya. Buat yang udah nyoba resep yang dari saya ini bisa share ke saya ya.


Resep Masakan : Caisim Cah Jamur Tiram
  • Title : Resep Masakan : Caisim Cah Jamur Tiram
  • Posted by :
  • Date : 8:15 AM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

6 comments:

  1. Jangan lupa pilih caisim yang gak pahit, aku sering salah pilih soalnya mba. Semangat memasak ^_^

    ReplyDelete
  2. hemat ya, tapi penampilannya menggoda sekali :D

    ReplyDelete
  3. Masakan murah meriah plus mudah pula yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget. Memaksimalkan bahan2 di kulkas aja :)

      Delete

Thank you for coming..^^

Item Reviewed: Resep Masakan : Caisim Cah Jamur Tiram Rating: 5 Reviewed By: Caroline Adenan
Top